Sabtu, 15 Desember 2018

MAKALAH
DAMPAK FACEBOOK BAGI REMAJA

OLEH
FENYL
KELAS IX-C




SMP NEGERI 2 BAJENG BARAT
KATA PENGANTAR

      Puji syukur atas berkat dan rahmat Allah Yang Maha Esa akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Dampak Facebook bagi remaja”.
      Penulis mengucapkan terima kasih kepada Guru yang telah membekali penulis dengan berbagai ilmu pengetahuan.
Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini, penulis minta maaf yang sebesar-besarnya. Penulis yakin bahwa makalah ini tidak semuanya sempurna, maka penulis menerima kritik dan saran dalam rangka penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menerima hasil yang diharapkan.


Penulis










BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Sebelumnya, Facebook bernama The Facebook yang hanya digunakan dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang di kampus Stanford. Pada Agustus 2005 akhirnya The Facebook menamai ulang dirinya dengan nama "Facebook"
Setelah The Facebook berganti nama menjadi Facebook, berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan pembatasan terhadap penggunanya, artinya semua orang dapat bergabung di Facebook asalkan memiliki E-Mail yang aktif dan valid.
Perkembangan Social Media yang semakin pesat dengan berbagai fitur yang sangat mendukung untuk mempererat hubungan sosial memiliki banyak dampak. Social media seperti facebook yang menjadi social media No.1 di Indonesia berdasarkan jumlah pengguna yang banyak memungkinkan banyak pengaruh. Seringkali dampak buruk/hal negatif itu muncul dari penggunanya. Maka dari itu kemunculan facebook ini tidak kurang akan menimbulkan dampak positif dan negatif dari facebook.
FACEBOOK, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Facebook atau lebih sering kita menyebutnya Fb. Jejaring sosial ini telah mendunia. Banyaknya pengguna facebook mulai dari kalangan orang kantoran, dokter, guru, pelajar, sampai kalangan orang biasa. Bahkan  facebook sekarang sudah mulai dikenal  oleh masyarakat yang berada di daerah tertinggal. Pengguna facebook terbanyak  di dominasi oleh kalangan pelajar. Mulai dari siswa SMP, SMA, dan MAHASISWA. Bahkan sekarang siswa sekolah dasar sudah memiliki akun facebook sendiri.
Menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

1.2.Rumusan Masalah
1.      Mengapa pengguna facebook didominasi oleh kalangan pelajar ?
2.      Bagaimana manfaat  facebook bagi para penggunanya khususnya pelajar ?
3.      Bagaimana dampak negatif yang ditimbulkan  oleh facebook bagi pelajar ?
4.      Bagaimana pengaruh facebook bagi prestasi pelajar ?
5.      Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari facebook ?

1.3.Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui  alasan mengapa pengguna  facebook di dominasi oleh kalangan pelajar.
2.      mengetahui manfaat  facebook bagi  para penggunanya khususnya bagi para pelajar.
3.      mengetahui dampak-dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook bagi para pelajar.
4.      Mengetahui pengaruh facebook bagi prestasi pelajar.
5.      Mengetahui cara mengatasi dampak negatif facebook.

1.4.Manfaat Penulisan
1.      Bagi para pengguna facebook khususnya kalangan pelajar yang menggunakan facebook, agar mereka dapat mengetahui manfaat dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook, serta mereka mengetahi cara mengatasi dampak negatif tersebut.
2.      Bagi para pelajar agar mereka mengetahui pengaruh facebook bagi prestasi yang di raihnya.






















BAB II
PEMBAHASAN

2.1.Pengertian facebook
Facebook merupakan situs pertemanan atau jejaring sosial yang sangat terkenal saat ini. Banyak sekali orang di dunia dan di Indonesia yang memiliki sebuah akun Facebook, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun Facebook.
Facebook yang lebih kita kenal dengan fb, merupakan jejaring sosial yang sangat populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki pengguna facebook terbanyak. Facebook sampai sekarang ini telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam untuk mengaksesnya. Pengguna harus mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat". 

2.2.Sejarah Facebook
Facebook pertama kali muncul dari hobi seseorang yang bernama Mark Elliot Zuckerberg  (seorang mahasiswa Universitas Harvard) pada 4 Februari 2004. Sebelumnya, Facebook bernama The Facebook yang hanya digunakan dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang di kampus Stanford.
Pada saat itu, pengguna yang terdaftar di The Facebook hanya sebatas pada orang-orang yang memiliki E-Mail dengan ekstensi .edu. Artinya, The Facebook hanya untuk keluarga universitas dari kampus yang didukung. Seiring berjalannya waktu, universitas yang didukung semakin banyak hingga mencapai semua universitas di Amerika. Karena hanya untuk kalangan universitas saja, jumlah pengguna The Facebook tetap saja masih rendah.
Singkat cerita, Mark Zuckerberg berhenti kuliah dan pindah ke Silicon Valley. Selanjutnya, di bulan September 2004 The Facebook mendapatkan suntikan dana dari seorang pebisnis yaitu Peter Thiel yang merupakan pendiri PayPal. Uang sebesar $500,000 disumbangkannya sebagai pemulaan saja. Selain Peter Thiel, seorang penanam modal yang bernama Jim Breyer turut menyumbangkan dana sebesar $12,7 juta untuk mengembangkan The Facebook.
Pada Agustus 2005 akhirnya The Facebook menamai ulang dirinya dengan nama "Facebook" dan langsung membeli domain www.Facebook.com dengan harga $200,000 USD. Setelah The Facebook berganti nama menjadi Facebook, berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan pembatasan terhadap penggunanya, artinya semua orang dapat bergabung di Facebook asalkan memiliki E-Mail yang aktif dan valid.
Satu Tahun kemudian, tepatnya pada September 2006, Facebook mulai memperbolehkan siapapun yang memiliki alamat E-Mail aktif dan valid untuk mendaftar di Facebook. Dari perjuangannya tersebut, pada periode Mei 2006 hingga Mei 2007 pengunjung Facebook tumbuh sampai 89%.
Pada 24 Mei 2007, Facebook menyelenggarakan acara besar yang mereka sebut dengan "F8 Event" dengan media massa dan pembuat aplikasi untuk meluncurkan Facebook Platform. Di acara itu, secara resmi Facebook membuka Platform-nya untuk semua orang. Ini berarti bahwa semua orang dapat membuat aplikasi di Facebook secara gratis. Yang lebih menarik lagi, muncul pembuat-pembuat aplikasi menawarkan bermacam aplikasinya yang unik untuk ditambahkan ke profil pengguna Facebook. Untuk memajukan Facebook, F8 Event ini terus diadakan sampai saat ini.
Sampai sekarang, Amerika lah yang memiliki pengguna Facebook terbanyak setelah itu, diikuti oleh Kanada dan Inggris. Untuk di Asia, pengguna Facebook terbanyak adalah di Cina dan Indonesia.

4.1.Penyebab pelajar mendominasi penggunaan facebook
Pelajar yang sering browsing internet pasti tidak akan asing lagi jika mendengarkan kata facebook. Karena facebook merupakan jaringan sosial yang dapat diakses melalui internet. Jika mereka browsing internet hanya untuk mencari materi sekolah. Maka, mereka akan merasa jenuh. Untuk menghilangkan kejenuhan itu. Mereka membuat akun facebook. Bagi mereka facebook dapat menghilangkan rasa stress karena banyak tugas di sekolah. Selain itu, mereka juga dapat mengenal banyak orang yang belum pernah ia kenal atau temui sebelumya, serta mereka juga dapat mencurahkan segala masalah atau keluhan yang mereka hadapi.  Karena itulah, lebih banyak para pelajar yang menggunakan situs ini dari pada pengguna dari kalangan yang lain.

4.2.Manfaat penggunaan Facebook bagi pelajar
1.      Dapat berkomunikasi dengan pelajar yang lain atau teman kita. Walaupun jaraknya berjauhan.
2.      Sebagai wadah untuk menuangkan isi hati.
3.      Dapat memperoleh informasi dan menambah wawasan, serta menambah pengetahuan.
4.      Sebagai media promosi bagi para pelajar yang ingin berbisnis jual beli online. 5.      Dapat menjalin pertemanan dengan teman yang belum pernah kita kenal.
6.      Sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh.

Selain itu, ada juga beberapa manfaat facebook yang lain bagi pelajar, seperti.
  • Mengakrabkan komunikasi dengan teman dan guru. Interaksi dengan teman dan guru selama ini dibatasi oleh waktu. Dengan adanya facebook, batasan waktu interaksi tersebut bisa dipertipis. Pelajar dan para remaja bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman dan guru mereka
  • Menambah waktu konsultasi dengan guru. Dengan semakin intensnya komunikasi dengan para guru, para pelajar bisa lebih mempunyai banyak waktu dan peluang untuk bisa berkonsultasi dan belajar kepada gurunya. Mereka tidak harus menunggu esok hari untuk atau waktu di sekolah untuk belajar kepada guru-guru mereka
  • Memperbanyak waktu curhat. Pelajar dan remaja adalah manusia yang sedang dalam proses mencari jati diri. Banyak hal yang ingin mereka ketahui; banyak masalah yang mereka hadapi; dan banyak sosol yang ingin mereka tiru dan teladani. Di sinilah mereka membutuhkan banyak curhat dengan sesama teman mereka. Facebook membuat curhat bisa lebih mudah
  • Memperluas pergaulan. Selain berteman dengan teman-teman mereka di dunia nyata, facebook memberikan peluang untuk mengenal banyak lagi teman yang lain. Sosok-sosok yang selama ini hanya mereka dengar lewat televisi, koran, atau media yang lain bisa mereka ajak untuk berteman. Mereka bisa berteman dengan pelajar-pelajar dari sekolah lain, bahkan dari negara lain. Mereka bisa berteman dengan para pengarang buku, pengarang novel dan para tokoh yang mereka gemari.
  • Menambah pengetahuan. Satu hal yang harus bisa dimanfaatkan oleh para pelajar dan remaja dari facebook adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan.

4.3.Dampak negatif penggunaan facebook bagi para pelajar
1.      Orang yang tidak bertanggung jawab akan menggunakan facebook sebagai ajang penipuan, hal ini marak terjadi terutama dalam jual-beli online via facebook. Banyak ditemukan toko online fiktif dan tidak bertanggung jawab yang menawarka produk namun, setelah pelanggan mentransfer uang via rekening, penjual menipu pembeli.
2.      Dengan cepat menyebarnya berita melalui sosial media ini, berita samar/kabar burung pun akan cepat tersebar. Oknum yang tidak bertanggung jawab dapat dengan mudah menimbulkan suatu isu yang disetting sedemikian rupa sehingga menarik untuk dibaca dan pembaca akan termakan arus dan pandangannya. 
3.      Timbulnya kriminal, penculikan, hubungan yang tidak dihalalkan seperti pacaran yang diakibatkan karena hubungan antar pengguna facebook satu sama lain yang pada awalnya mereka tidak saling mengenal dan kemudian tertarik diimingimingi suatu hal, atau ingin mengenal lebih dalam pengguna facebook lainnya.

selain itu, ada juga beberapa dampak negatif facebook lainnya bagi pelajar.
§  Mengganggu konsentrasi belajar. Disaat jam belajar siswa sering membuka facebook tanpa sepengetahuan guru. Sehingga dapat mengganggu konsentrasi saat belajar. Bahkan terkadang siswa tidak memperhatikan gurunya yang sedang menjelaskan materi pada hari itu.
§  Batasan ranah pribadi yang menjadi kabur. Dalam facebook kita bebas menulis apa saja dan seringkali tanpa kita sadari, kita menuliskan hal yang seharusnya tidak disampaikan melalui jejaring sosial, maka tak jarang pengguna facebook terkadang tak sadar menuliskan aib dirinya sendiri pada wall facebook nya.
§  Interaksi sosial berkurang. Banyak pelajar memilih menyendiri dirumah atau warnet ketimbang bergaul dengan teman-teman atau anggota keluarganya. Bahkan pelajar pun sering membolos sekolah hanya untuk pergi ke warnet.
§  Dapat menimbulkan kesalahpahaman. Facebook merupakan jejaring sosial yang sifatnya terbuka. Haruslah disadari menulis status di wall facebook dan mengomentari status teman adalah sama halnya seperti obrolan di kehidupan nyata. bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang dapat menimbulkan masalah antar sesama pengguna facebook terutama para pelajar. Bahkan dapat memicu perkelahian antar sesame pelajar.
§  Penipuan. Seperti media online lainnya, facebook dapat dimanfaatkan sebagai modus berkenalan dan akhirnya menjadi akrab di dunia maya, namun ternyata ujung-ujungnya digunakan untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal bahkan sampai kasus pembunuhan
§  Mengganggu kesehatan. Facebook  membuat pelajar berlama-lama duduk di depan komputer, padahal duduk berlama-lama didepan komputer sangat mengganggu kesehatan seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh.
§  Lupa waktu. Update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding teman facebook memang sangat mengasikkan. Sehingga para pelajar terkadang lupa waktu untuk belajar atau mengerjakan tugas sekolah.
§  Memicu pelajar bunuh diri. Facebook bisa mendorong pelajar memiliki pandangan bahwa pertemanan adalah sebuah komoditas. Hal itu bisa memicu keinginan untuk bunuh diri, ketika hubungan tidak berjalan lagi.
§  Lenyapnya adat kebiasaan tradisional. banyak adat kebiasaan tradisonal yang tidak lagi dilakukan karena Facebook. Misalnya kalau lebaran dulu kita bersilaturahmi dengan berkunjung ke rumah para tetangga, teman dan saudara. Tapi karena sudah ada facebook. Maka banyak orang yang mengucapakn lebaran melalui facebook. Sehingga lama kelamaan kebiasaan silaturahmi dengan berkunjung akan semakin menghilang.
§  Membuat pelajar menjadi tertutup. Setiap pengguna facebook pasti akan cenderung menjadi orang yang tertutup termasuk pelajar. Pelajar akan lebih sering menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi menggunakan facebook dibandingkan dengan berbicara dengan teman atau keluarga secara langsung.
§  Mengungkap kehidupan pribadi. Banyak pengguna facebook termasuk pelajar yang memajang foto-foto pribadinya di Facebook tanpa menyadari bahaya yang sedang mengintainya. Seperti bahaya penculikan yang sering terjadi di kalangan masyarakat.
§  Menurunkan kinerja. Telah diketahui bahwa sebagian besar para pelajar menggunakan Facebook pada saat jam belajar sedang berlangsung, karena alasan jenuh, refreshing, mendinginkan otak dan lain sebagainya. Artinya, telah terjadi pengurangan waktu untuk belajar dan menyelesaikan kewajibannya.
§  Bocornya data rahasia pada khalayak. Tak jarang para pengguna facebook termasuk pelajar tidak menyadari bahwa beberapa data penting yang tidak semestinya ditampilkan secara terbuka di dunia maya, namun karena default dari info kita terlupakan untuk menutup. Sehingga data-data penting tersebut dapat tersebar meluas di dunia maya
§  Terjadinya pornografi. Tak dapat dihindari, sebagaimana situs jejaring sosial lainnya, tentu ada saja para pihak yang memanfaatkan situs tersebut untuk kegiatan yang berbau pornografi dan pemberitaan pada berbagai media massa, yang banyak memaparkan kejadian asusila tersebut. Hal ini sangat bedampak nagatif bagi para pelajar. terutama terhadap etika dan pola berpikir mereka. Etika mereka akan menjadi lebih buruk dan juga mereka akan lebih sering berpikiran yang negatif tentang kejadian asusila yang tersebar di dunia maya.


4.4. Pengaruh facebook bagi prestasi  pelajar
Dari pembahasan tentang manfaat dan negatif penggunaan facebook. Kita dapat mengetahui bahwa facebook sangat memengaruhi prestasi pelajar. Prestasi pelajar akan cenderung menurun. Hal ini disebabkan Karena facebook dapat mengurangi konsentrasi belajar, membuat pelajar jadi lupa waktu untuk belajar, karena semua waktunya hanya dihabiskan untuk facebookan. Selain itu, kinerja pelajar juga menurun. Hal ini terbukti dari para pelajar yang belum selesai mengerjakan tugas sekolah tetapi dia telah membuka situs jejaring sosial, yaitu facebook. Sehingga terkadang banyak pelajar yang tidak dapat menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Selain itu, mereka juga akan cenderung memiliki kepribadian yang tertutup.  Jika para pelajar  terus menerus seperti ini. Maka, apa jadinya bangsa ini? Generasi muda yang seharusnya memiliki intelektual yang tinggi, tapi hanya karena jejaring sosial yang bernama FACEBOOK dapat melemahkan generasi muda penerus bangsa.

4.5.Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya
Berikut adalah cara-cara untuk mengatasi dampak negatif tersebut :
1.      Mengatur waktu. kita harus mengatur waktu kita, kapan kita membuka facebok dan kapan kita mengerjakan tugas kita. misalnya 4x seminggu. Hal ini di lakukan agar kita tidak terikat dengan facebook.
2.      Menghargai orang lain. Dengan mengharai orang lain, kita tidak akan mengejek orang tersebut. Bahkan mengejek atau menyindir orang tersebut di facebook.
3.      Bisa menentukan prioritas. Kita harus bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas kita dengan membuka facebook.
4.      Kita harus mengetahui fungsi facebook. Bila kita mengetahui fungsi facebook, kita tidak akan menyalah gunakannya.
5.      Membatasi membuka facebook. Dengan membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi pemborosan.





BAB III
PENUTUP
4.6.Kesimpulan
Facebook merupakan jejaring sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat pada saat ini. Facebook juga merupakan jejaring sosial yang sangat mudah di akses, bisa melalui laptop, ipad, android, maupun  hanphone. Karena begitu mudahnya mengakses facebook, para pelajar memanfaatkan facebook sebagai hiburan yang dapat menghilangkan stress karena banyaknya tugas dari sekolah. Ditambah lagi dengan adanya akses facebook gratis yang disediakan oleh beberapa operator besar. Hal ini dapat membuat para pelajar pengguna facebook menjadi lupa waktu. Mereka akan lebih sering melupakan segala tugas mereka, mulai dari tugas membantu orang tua dirumah maupun tugas mereka sebagai pelajar.
Meskipun pada awalnya facebook memiliki banyak manfaat. Tetapi, jika para pelajar mengakses facebook secara berlebihan. Maka facebook akan memberi banyak dampak nagatif bagi mereka. Mulai dari konsentrasi belajar mereka yang mulai menurun hingga nilai mereka juga ikut menurun drastis. Selain itu, facebook juga dapat memicu perkelahian antar sesama pelajar, tindakan kriminal, penipuan, hingga etika mereka yang semakin memburuk.

4.7.Saran
 Sebagai pengguna facebook khususnya para pelajar, sebaiknya tidak menggunakan facebook secara berlebihan dan harus melihat fungsi facebook itu sendiri. Pada awalnya facebook berfungsi sebagai sarana pertemanan dan komunikasi di dunia maya. Dengan menggunakan fecebook kita akan lebih sering menghabiskan waktu hanya untuk facebookan. Waktu yang seharusnya bisa kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan positif seperti belajar, membantu kedua orang tua dan bersosialisasi dengan masyarakat, tapi hanya terbuang sia-sia.
Selain itu, kita juga harus bisa mempertanggungjawabkan setiap tulisan yang telah kita ketik di facebook, mulai dari membuat status, mengomentari status teman, maupun mengirim pesan dinding kepada teman yang ada di facebook. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat memicu perkelahian antar sesama pelajar.
Dengan menggunakan facebook atau jejaring sosial lainnya dengan baik, benar dan penuh tanggungjawab, maka kita akan merasa lebih nyaman dan aman ketika menggunakan facebook atau jejaring sosial lainnya. Selain itu, kita juga tidak akan melupakan tugas kita sebagai seorang pelajar, yaitu terus belajar demi meraih cita-cita yang diimpikan.







DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar