MAKALAH
DAMPAK FACEBOOK BAGI
REMAJA
OLEH
FENYL
KELAS IX-C
FENYL
KELAS IX-C
SMP
NEGERI 2 BAJENG BARAT
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas berkat dan rahmat Allah
Yang Maha Esa akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul “Dampak
Facebook bagi remaja”.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada
Guru yang telah membekali penulis dengan berbagai ilmu pengetahuan.
Apabila terdapat kesalahan dan kekurangan
dalam makalah ini, penulis minta maaf yang sebesar-besarnya. Penulis yakin
bahwa makalah ini tidak semuanya sempurna, maka penulis menerima kritik dan
saran dalam rangka penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap makalah ini dapat
bermanfaat bagi pembaca dan menerima hasil yang diharapkan.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Sebelumnya, Facebook bernama The Facebook yang hanya
digunakan dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang di kampus
Stanford. Pada Agustus 2005 akhirnya The Facebook menamai ulang dirinya dengan
nama "Facebook"
Setelah The Facebook berganti nama menjadi Facebook,
berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan pembatasan terhadap penggunanya,
artinya semua orang dapat bergabung di Facebook asalkan memiliki E-Mail yang
aktif dan valid.
Perkembangan Social
Media yang
semakin pesat dengan berbagai fitur yang sangat mendukung untuk mempererat
hubungan sosial memiliki banyak dampak. Social media seperti facebook yang
menjadi social media No.1 di Indonesia berdasarkan jumlah pengguna yang banyak
memungkinkan banyak pengaruh. Seringkali dampak buruk/hal negatif itu muncul
dari penggunanya. Maka dari itu kemunculan facebook ini tidak kurang akan
menimbulkan dampak positif dan
negatif dari facebook.
FACEBOOK, tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita.
Facebook atau lebih sering kita menyebutnya Fb. Jejaring sosial ini telah
mendunia. Banyaknya pengguna facebook mulai dari kalangan orang kantoran,
dokter, guru, pelajar, sampai kalangan orang biasa. Bahkan facebook
sekarang sudah mulai dikenal oleh masyarakat yang berada di daerah
tertinggal. Pengguna facebook terbanyak di dominasi oleh kalangan
pelajar. Mulai dari siswa SMP, SMA, dan MAHASISWA. Bahkan sekarang siswa
sekolah dasar sudah memiliki akun facebook sendiri.
Menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13
tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun,
sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
1.2.Rumusan
Masalah
1. Mengapa
pengguna facebook didominasi oleh kalangan pelajar ?
2. Bagaimana
manfaat facebook bagi para penggunanya khususnya pelajar ?
3. Bagaimana
dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook bagi pelajar ?
4. Bagaimana
pengaruh facebook bagi prestasi pelajar ?
5. Bagaimana
cara mengatasi dampak negatif dari facebook ?
1.3.Tujuan
Penulisan
1. Mengetahui alasan
mengapa pengguna facebook di dominasi oleh kalangan pelajar.
2. mengetahui
manfaat facebook bagi para penggunanya khususnya bagi para
pelajar.
3. mengetahui
dampak-dampak negatif yang ditimbulkan oleh facebook bagi para pelajar.
4. Mengetahui
pengaruh facebook bagi prestasi pelajar.
5. Mengetahui
cara mengatasi dampak negatif facebook.
1.4.Manfaat
Penulisan
1. Bagi
para pengguna facebook khususnya kalangan pelajar yang menggunakan facebook,
agar mereka dapat mengetahui manfaat dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh
facebook, serta mereka mengetahi cara mengatasi dampak negatif tersebut.
2. Bagi
para pelajar agar mereka mengetahui pengaruh facebook bagi prestasi yang di
raihnya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pengertian
facebook
Facebook merupakan situs pertemanan atau jejaring sosial
yang sangat terkenal saat ini. Banyak sekali orang di dunia dan di Indonesia
yang memiliki sebuah akun Facebook, bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari
satu akun Facebook.
Facebook yang lebih kita kenal dengan fb, merupakan jejaring
sosial yang sangat populer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Indonesia
merupakan salah satu Negara yang memiliki pengguna facebook terbanyak. Facebook
sampai sekarang ini telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Lebih
dari separuhnya menggunakan telepon genggam untuk mengaksesnya. Pengguna harus
mendaftar terlebih dahulu sebelum menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna
dapat membuat profil
pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama,
diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri
khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti
"Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
2.2.Sejarah
Facebook
Facebook pertama kali muncul dari hobi seseorang yang
bernama Mark Elliot Zuckerberg (seorang mahasiswa Universitas
Harvard) pada 4 Februari 2004. Sebelumnya, Facebook bernama The Facebook yang
hanya digunakan dikalangan Universitas Harvard saja dan kemudian berkembang di
kampus Stanford.
Pada saat itu, pengguna yang terdaftar di The Facebook hanya
sebatas pada orang-orang yang memiliki E-Mail dengan ekstensi .edu. Artinya,
The Facebook hanya untuk keluarga universitas dari kampus yang didukung.
Seiring berjalannya waktu, universitas yang didukung semakin banyak hingga
mencapai semua universitas di Amerika. Karena hanya untuk kalangan universitas
saja, jumlah pengguna The Facebook tetap saja masih rendah.
Singkat cerita, Mark Zuckerberg berhenti kuliah dan pindah
ke Silicon Valley. Selanjutnya, di bulan September 2004 The Facebook
mendapatkan suntikan dana dari seorang pebisnis yaitu Peter Thiel yang
merupakan pendiri PayPal. Uang sebesar $500,000 disumbangkannya sebagai
pemulaan saja. Selain Peter Thiel, seorang penanam modal yang bernama Jim Breyer
turut menyumbangkan dana sebesar $12,7 juta untuk mengembangkan The Facebook.
Pada Agustus 2005 akhirnya The Facebook menamai ulang
dirinya dengan nama "Facebook" dan langsung membeli domain
www.Facebook.com dengan harga $200,000 USD. Setelah The Facebook berganti nama
menjadi Facebook, berangsur-angsur Facebook mulai meninggalkan pembatasan
terhadap penggunanya, artinya semua orang dapat bergabung di Facebook asalkan
memiliki E-Mail yang aktif dan valid.
Satu Tahun kemudian, tepatnya pada September 2006, Facebook
mulai memperbolehkan siapapun yang memiliki alamat E-Mail aktif dan valid untuk
mendaftar di Facebook. Dari perjuangannya tersebut, pada periode Mei 2006
hingga Mei 2007 pengunjung Facebook tumbuh sampai 89%.
Pada 24 Mei 2007, Facebook menyelenggarakan acara besar yang
mereka sebut dengan "F8 Event" dengan media massa dan pembuat
aplikasi untuk meluncurkan Facebook Platform. Di acara itu, secara resmi
Facebook membuka Platform-nya untuk semua orang. Ini berarti bahwa semua orang
dapat membuat aplikasi di Facebook secara gratis. Yang lebih menarik lagi,
muncul pembuat-pembuat aplikasi menawarkan bermacam aplikasinya yang unik untuk
ditambahkan ke profil pengguna Facebook. Untuk memajukan Facebook, F8 Event ini
terus diadakan sampai saat ini.
Sampai sekarang, Amerika lah yang memiliki pengguna Facebook
terbanyak setelah itu, diikuti oleh Kanada dan Inggris. Untuk di Asia, pengguna
Facebook terbanyak adalah di Cina dan Indonesia.
4.1.Penyebab
pelajar mendominasi penggunaan facebook
Pelajar yang sering browsing internet pasti tidak akan asing
lagi jika mendengarkan kata facebook. Karena facebook merupakan jaringan sosial
yang dapat diakses melalui internet. Jika mereka browsing internet hanya untuk
mencari materi sekolah. Maka, mereka akan merasa jenuh. Untuk menghilangkan
kejenuhan itu. Mereka membuat akun facebook. Bagi mereka facebook dapat
menghilangkan rasa stress karena banyak tugas di sekolah. Selain itu, mereka
juga dapat mengenal banyak orang yang belum pernah ia kenal atau temui
sebelumya, serta mereka juga dapat mencurahkan segala masalah atau keluhan yang
mereka hadapi. Karena itulah, lebih banyak para pelajar yang
menggunakan situs ini dari pada pengguna dari kalangan yang lain.
4.2.Manfaat
penggunaan Facebook bagi pelajar
1. Dapat
berkomunikasi dengan pelajar yang lain atau teman kita. Walaupun jaraknya
berjauhan.
2. Sebagai
wadah untuk menuangkan isi hati.
3. Dapat
memperoleh informasi dan menambah wawasan, serta menambah pengetahuan.
4. Sebagai
media promosi bagi para pelajar yang ingin berbisnis jual beli online. 5. Dapat
menjalin pertemanan dengan teman yang belum pernah kita kenal.
6. Sebagai
sarana hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh.
Selain
itu, ada juga beberapa manfaat facebook yang lain bagi pelajar, seperti.
- Mengakrabkan komunikasi dengan teman dan guru. Interaksi dengan teman dan guru selama ini dibatasi oleh waktu. Dengan adanya facebook, batasan waktu interaksi tersebut bisa dipertipis. Pelajar dan para remaja bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman dan guru mereka
- Menambah waktu konsultasi dengan guru. Dengan semakin intensnya komunikasi dengan para guru, para pelajar bisa lebih mempunyai banyak waktu dan peluang untuk bisa berkonsultasi dan belajar kepada gurunya. Mereka tidak harus menunggu esok hari untuk atau waktu di sekolah untuk belajar kepada guru-guru mereka
- Memperbanyak waktu curhat. Pelajar dan remaja adalah manusia yang sedang dalam proses mencari jati diri. Banyak hal yang ingin mereka ketahui; banyak masalah yang mereka hadapi; dan banyak sosol yang ingin mereka tiru dan teladani. Di sinilah mereka membutuhkan banyak curhat dengan sesama teman mereka. Facebook membuat curhat bisa lebih mudah
- Memperluas pergaulan. Selain berteman dengan teman-teman mereka di dunia nyata, facebook memberikan peluang untuk mengenal banyak lagi teman yang lain. Sosok-sosok yang selama ini hanya mereka dengar lewat televisi, koran, atau media yang lain bisa mereka ajak untuk berteman. Mereka bisa berteman dengan pelajar-pelajar dari sekolah lain, bahkan dari negara lain. Mereka bisa berteman dengan para pengarang buku, pengarang novel dan para tokoh yang mereka gemari.
- Menambah pengetahuan. Satu hal yang harus bisa dimanfaatkan oleh para pelajar dan remaja dari facebook adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan.
4.3.Dampak
negatif penggunaan facebook bagi para pelajar
1. Orang
yang tidak bertanggung jawab akan menggunakan facebook sebagai ajang penipuan,
hal ini marak terjadi terutama dalam jual-beli online via facebook. Banyak
ditemukan toko online fiktif dan tidak bertanggung jawab yang menawarka produk
namun, setelah pelanggan mentransfer uang via rekening, penjual menipu pembeli.
2. Dengan
cepat menyebarnya berita melalui sosial
media ini,
berita samar/kabar burung pun akan cepat tersebar. Oknum yang tidak bertanggung
jawab dapat dengan mudah menimbulkan suatu isu yang disetting sedemikian rupa
sehingga menarik untuk dibaca dan pembaca akan termakan arus dan
pandangannya.
3. Timbulnya
kriminal, penculikan, hubungan yang tidak dihalalkan seperti pacaran yang
diakibatkan karena hubungan antar pengguna facebook satu sama lain yang pada
awalnya mereka tidak saling mengenal dan kemudian tertarik diimingimingi suatu
hal, atau ingin mengenal lebih dalam pengguna facebook lainnya.
selain
itu, ada juga beberapa dampak negatif facebook lainnya bagi pelajar.
§ Mengganggu
konsentrasi belajar. Disaat jam belajar siswa sering membuka facebook
tanpa sepengetahuan guru. Sehingga dapat mengganggu konsentrasi saat belajar.
Bahkan terkadang siswa tidak memperhatikan gurunya yang sedang menjelaskan
materi pada hari itu.
§ Batasan
ranah pribadi yang menjadi kabur. Dalam facebook kita bebas menulis
apa saja dan seringkali tanpa kita sadari, kita menuliskan hal yang seharusnya
tidak disampaikan melalui jejaring sosial, maka tak jarang pengguna facebook
terkadang tak sadar menuliskan aib dirinya sendiri pada wall facebook nya.
§ Interaksi
sosial berkurang. Banyak pelajar memilih menyendiri dirumah atau
warnet ketimbang bergaul dengan teman-teman atau anggota keluarganya. Bahkan
pelajar pun sering membolos sekolah hanya untuk pergi ke warnet.
§ Dapat
menimbulkan kesalahpahaman. Facebook merupakan jejaring sosial yang
sifatnya terbuka. Haruslah disadari menulis status di wall facebook dan
mengomentari status teman adalah sama halnya seperti obrolan di kehidupan
nyata. bahkan efeknya mungkin lebih parah karena bahasa tulisan terkadang dapat
menimbulkan masalah antar sesama pengguna facebook terutama para pelajar.
Bahkan dapat memicu perkelahian antar sesame pelajar.
§ Penipuan. Seperti
media online lainnya, facebook dapat dimanfaatkan sebagai modus berkenalan dan
akhirnya menjadi akrab di dunia maya, namun ternyata ujung-ujungnya digunakan
untuk melakukan penipuan atau tindakan kriminal bahkan sampai kasus pembunuhan
§ Mengganggu
kesehatan. Facebook membuat pelajar berlama-lama duduk di depan
komputer, padahal duduk berlama-lama didepan komputer sangat mengganggu
kesehatan seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah
rapuh.
§ Lupa
waktu. Update status, upload foto, mengobrol atau melihat dinding
teman facebook memang sangat mengasikkan. Sehingga para pelajar terkadang lupa
waktu untuk belajar atau mengerjakan tugas sekolah.
§ Memicu
pelajar bunuh diri. Facebook bisa mendorong pelajar memiliki pandangan
bahwa pertemanan adalah sebuah komoditas. Hal itu bisa memicu keinginan untuk
bunuh diri, ketika hubungan tidak berjalan lagi.
§ Lenyapnya
adat kebiasaan tradisional. banyak adat kebiasaan tradisonal yang tidak
lagi dilakukan karena Facebook. Misalnya kalau lebaran dulu kita bersilaturahmi
dengan berkunjung ke rumah para tetangga, teman dan saudara. Tapi karena sudah
ada facebook. Maka banyak orang yang mengucapakn lebaran melalui facebook.
Sehingga lama kelamaan kebiasaan silaturahmi dengan berkunjung akan semakin
menghilang.
§ Membuat
pelajar menjadi tertutup. Setiap pengguna facebook pasti akan
cenderung menjadi orang yang tertutup termasuk pelajar. Pelajar akan lebih
sering menghabiskan waktunya untuk berkomunikasi menggunakan facebook
dibandingkan dengan berbicara dengan teman atau keluarga secara langsung.
§ Mengungkap
kehidupan pribadi. Banyak pengguna facebook termasuk pelajar yang memajang
foto-foto pribadinya di Facebook tanpa menyadari bahaya yang sedang
mengintainya. Seperti bahaya penculikan yang sering terjadi di kalangan
masyarakat.
§ Menurunkan
kinerja. Telah diketahui bahwa sebagian besar para pelajar
menggunakan Facebook pada saat jam belajar sedang berlangsung, karena
alasan jenuh, refreshing, mendinginkan otak dan lain sebagainya. Artinya, telah
terjadi pengurangan waktu untuk belajar dan menyelesaikan kewajibannya.
§ Bocornya
data rahasia pada khalayak. Tak jarang para pengguna facebook
termasuk pelajar tidak menyadari bahwa beberapa data penting yang tidak
semestinya ditampilkan secara terbuka di dunia maya, namun karena default dari
info kita terlupakan untuk menutup. Sehingga data-data penting tersebut dapat
tersebar meluas di dunia maya
§ Terjadinya
pornografi. Tak dapat dihindari, sebagaimana situs jejaring sosial lainnya,
tentu ada saja para pihak yang memanfaatkan situs tersebut untuk kegiatan yang
berbau pornografi dan pemberitaan pada berbagai media massa, yang banyak
memaparkan kejadian asusila tersebut. Hal ini sangat bedampak nagatif bagi para
pelajar. terutama terhadap etika dan pola berpikir mereka. Etika mereka akan
menjadi lebih buruk dan juga mereka akan lebih sering berpikiran yang negatif
tentang kejadian asusila yang tersebar di dunia maya.
4.4.
Pengaruh facebook bagi prestasi pelajar
Dari pembahasan tentang manfaat dan negatif penggunaan
facebook. Kita dapat mengetahui bahwa facebook sangat memengaruhi prestasi
pelajar. Prestasi pelajar akan cenderung menurun. Hal ini disebabkan Karena
facebook dapat mengurangi konsentrasi belajar, membuat pelajar jadi lupa waktu
untuk belajar, karena semua waktunya hanya dihabiskan untuk facebookan. Selain
itu, kinerja pelajar juga menurun. Hal ini terbukti dari para pelajar yang
belum selesai mengerjakan tugas sekolah tetapi dia telah membuka situs jejaring
sosial, yaitu facebook. Sehingga terkadang banyak pelajar yang tidak dapat
menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Selain itu, mereka juga akan cenderung
memiliki kepribadian yang tertutup. Jika para
pelajar terus menerus seperti ini. Maka, apa jadinya bangsa ini?
Generasi muda yang seharusnya memiliki intelektual yang tinggi, tapi hanya
karena jejaring sosial yang bernama FACEBOOK dapat melemahkan generasi muda
penerus bangsa.
4.5.Tindakan
yang dapat dilakukan untuk mengatasinya
Berikut
adalah cara-cara untuk mengatasi dampak negatif tersebut :
1. Mengatur waktu. kita harus mengatur
waktu kita, kapan kita membuka facebok dan kapan kita mengerjakan tugas kita.
misalnya 4x seminggu. Hal ini di lakukan agar kita tidak terikat dengan
facebook.
2. Menghargai orang lain. Dengan mengharai
orang lain, kita tidak akan mengejek orang tersebut. Bahkan mengejek atau
menyindir orang tersebut di facebook.
3. Bisa menentukan prioritas. Kita harus
bisa membedakan mana yang lebih penting antara tugas kita dengan membuka
facebook.
4. Kita harus mengetahui fungsi facebook.
Bila kita mengetahui fungsi facebook, kita tidak akan menyalah gunakannya.
5. Membatasi membuka facebook. Dengan
membatasi membuka facebook, tidak akan terjadi pemborosan.
BAB III
PENUTUP
4.6.Kesimpulan
Facebook merupakan jejaring sosial yang sangat populer di
kalangan masyarakat pada saat ini. Facebook juga merupakan jejaring sosial yang
sangat mudah di akses, bisa melalui laptop, ipad, android,
maupun hanphone. Karena begitu mudahnya mengakses facebook, para
pelajar memanfaatkan facebook sebagai hiburan yang dapat menghilangkan stress
karena banyaknya tugas dari sekolah. Ditambah lagi dengan adanya akses facebook
gratis yang disediakan oleh beberapa operator besar. Hal ini dapat membuat para
pelajar pengguna facebook menjadi lupa waktu. Mereka akan lebih sering
melupakan segala tugas mereka, mulai dari tugas membantu orang tua dirumah
maupun tugas mereka sebagai pelajar.
Meskipun pada awalnya facebook memiliki banyak manfaat.
Tetapi, jika para pelajar mengakses facebook secara berlebihan. Maka facebook
akan memberi banyak dampak nagatif bagi mereka. Mulai dari konsentrasi belajar
mereka yang mulai menurun hingga nilai mereka juga ikut menurun drastis. Selain
itu, facebook juga dapat memicu perkelahian antar sesama pelajar, tindakan
kriminal, penipuan, hingga etika mereka yang semakin memburuk.
4.7.Saran
Sebagai pengguna facebook khususnya para pelajar,
sebaiknya tidak menggunakan facebook secara berlebihan dan harus melihat fungsi
facebook itu sendiri. Pada awalnya facebook berfungsi sebagai sarana pertemanan
dan komunikasi di dunia maya. Dengan menggunakan fecebook kita akan lebih
sering menghabiskan waktu hanya untuk facebookan. Waktu yang seharusnya bisa
kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan positif seperti belajar, membantu kedua
orang tua dan bersosialisasi dengan masyarakat, tapi hanya terbuang sia-sia.
Selain itu, kita juga harus bisa mempertanggungjawabkan
setiap tulisan yang telah kita ketik di facebook, mulai dari membuat status,
mengomentari status teman, maupun mengirim pesan dinding kepada teman yang ada
di facebook. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat memicu perkelahian
antar sesama pelajar.
Dengan menggunakan facebook atau jejaring sosial lainnya
dengan baik, benar dan penuh tanggungjawab, maka kita akan merasa lebih nyaman
dan aman ketika menggunakan facebook atau jejaring sosial lainnya. Selain itu,
kita juga tidak akan melupakan tugas kita sebagai seorang pelajar, yaitu terus
belajar demi meraih cita-cita yang diimpikan.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar